Ayo Sukseskan PKM 2016, Banggakan UAJY!

Memperoleh IPK yang tinggi tentunya impian setiap mahasiswa. Segala cara dilakukan untuk mewujudkan impian tersebut. Mulai dari rajin kuliah, giat belajar, aktif menjawab pertanyaan dosen, dan lain-lain. Tetapi, apakah hanya dengan IPK tinggi masa depan cerah sudah ada pada genggaman? Tentunya IPK bukanlah elemen satu-satunya yang menentukan nasib kita kelak. Bahkan IPK hanya sebagian kecil dari elemen-elemen penentu kesuksesan kita sebagai lulusan. Lalu apa saja elemen lainnya? Selain pengetahuan akademik atau academic knowledge yang dipresentasikan dalam wujud IPK, lulusan yang sukses tentu wajib memiliki keterampilan berpikir atau skill of thinking, keterampilan manajemen atau management skill, dan kemampuan berkomunikasi atau communication skill.

 

Logo_Kemenristekdikti-min

 

Oleh karena itu, untuk meningkatkan kualitas peserta didik di perguruan tinggi dan menciptakan lulusan yang unggul, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia atau sering disingkat RISTEKDIKTI menyelenggarakan Program Kreativitas Mahasiwa atau disingkat PKM.

 

PKM dibentuk pada tahun 1997 dengan nama PKM melainkan Program Karya Alternatif Mahasiswa lalu pada tahun 2001 berganti nama menjadi PKM sampai sekarang. PKM tahun ini atau sering disebut PKM 2016 terbagi menjadi 5 bidang ditambah 2 bidang tambahan. Bidang-bidang tersebut yaitu:

  • PKM-Penelitian (PKM-P)
  • PKM-Kewirausahaan (PKM-K)
  • PKM-Teknologi (PKM-T)
  • PKM-Karsa Cipta (PKM-KC)
  • PKM-Pengabdian kepada masyarakat (PKM-M)
  • PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT)
  • PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI)

 

kkm-min

 

Di UAJY sendiri, PKM 2016 sedang giat-giatnya dipersiapkan dengan baik oleh KKM UAJY. KKM UAJY atau sering disebut Komunitas Kreativitas Mahasiswa UAJY merupakan komunitas yang mewadahi mahasiswa UAJY dalam mengembangkan kreativitas melalui penerapan ilmu dan teknologi. Komunitas ini diresmikan pada tanggal 17 September 2015 oleh Tim Penalaran UAJY. Saat ini misi utama dari KKM yaitu menyukseskan PKM 2016 di UAJY sendiri. Untuk mewujudkan misi tersebut, KKM mengajak Himpunan Mahasiswa di setiap prodi di UAJY untuk diajak bekerja sama.

 

Di FTI sendiri khususnya prodi TF, KKM UAJY sendiri sudah menggandeng HIMAFORKA untuk diajak bekerja sama. Bentuk kerja sama KKM UAJY dengan HIMAFORKA sendiri telah diimplementasikan dalam wujud persetujuan HIMAFORKA untuk membantu KKM UAJY menyukseskan PKM 2016 yang diawali dengan acara Sosialisasi PKM 2016. Acara Sosialisasi PKM 2016 di prodi TF sendiri dibawakan oleh KKM UAJY dan diikuti oleh beberapa mahasiswa prodi TF dan beberapa pengurus HIMAFORKA. Acara tersebut diselenggarakan bertujuan untuk mengenalkan PKM, keuntungan mengikutinya, beserta tata cara mengikutinya. Tidak hanya sampai disana, dalam acara tersebut juga diisi dengan berbagi pengalaman oleh beberapa anggota KKM yang sudah pernah mengikuti PKM dan lolos memperoleh dana hingga 12 juta. Acara berlangsung kondusif karena para peserta tampak antusias untuk mencerna materi yang disampaikan oleh pembicara.

 

Ada pun tata cara mengikuti PKM secara garis besar yang sudah disampaikan melalui acara Sosialisasi PKM 2016 antara lain:

  1. Buat kelompok dengan anggota 3-5 orang. 1 orang berperan sebagai ketua kelompok
  2. Daftarkan kelompok di Himpunan Prodi ketua Kelompok.
  3. Cari dosen pembimbing yang baik dan sesuai. Dosen pembimbing boleh dosen di luar prodi.
  4. Tuangkan kreativitas dalam bentuk proposal.
  5. Upload proposal.

 

Bagi teman-teman yang sudah tidak sabar ingin ikut PKM, langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu membuat kelompok dengan anggota 3-5 orang lalu serahkan daftar anggotanya ke Himpunan Prodi (teman-teman prodi TF bisa serahkan ke HIMAFORKA) untuk mendaftar. Setelah mendaftar teman-teman akan dihubungi kembali untuk mengikuti workshop-workshop yang nanti akan disiapkan oleh KKM UAJY untuk membantu teman-teman dalam penyusunan proposal. Untuk langkah berikutnya akan dibimbing oleh KKM sampai pada saatnya teman-teman menunggu pengumuman mahasiswa yang lolos seleksi.

 

Bagi teman-teman yang nantinya lolos seleksi akan diberi dana oleh RISTEKDIKTI sebesar yang diajukan dalam proposal. Selain itu jika beruntung teman-teman juga akan diberi kesempatan untuk mempresentasikan proposal yang telah diajukan di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional atau sering disebut PIMNAS. Dalam acara tersebut akan dipilih mahasiswa dengan proposal dan presentasi terbaik yang berhak untuk menerima hadiah sebagai juara PKM. Lumayan buat traktir teman hehe… 😀

 

Bagi teman-teman yang punya pertanyaan atau ingin memperoleh informasi lebih lanjut bisa bisa kunjungi tautan berikut:

 

Ayo bersama kita sukseskan PKM 2016, banggakan UAJY! 🙂