Programming In Contest “More Than Just Coding”

Hari Sabtu merupakan hari santai bagi mahasiswa. Biasanya diawali dengan bangun siang, bermalas-malasan di tempat tidur, membersihkan rumah atau kos dan dilanjuti menggarap tugas dan laporan. Tetapi, berbeda dengan MABA (Mahasiswa Baru) angkatan 2015 pada hari Sabtu, 23 April 2016. Pada hari tersebut merupakan hari kompetisi programming antar mahasiswa Teknik Informatika UAJY angkatan 2015. Nama kompetisi tersebut yaitu PnC (Programming In Contest) yang di selenggarakan oleh Kelompok Studi Programming (KSP) dengan tema “More Than Just Coding”.

 

Sebelum masuk ruangan, peserta mempersiapkan apa-apa saja yang dibutuhkan agar dapat mengerjakan soal dengan baik. Akhirnya, peserta berkumpul di Lab. Struktur Data di Kampus 3 UAJY pada jam 08.30 WIB. Jumlah peserta kali ini 44 peserta. Acara pun dimulai dengan pembukaan MC, yang diawali dengan berdoa terlebih dahulu. Selanjutnya kata sambutan dari Andreas Ismahadi selaku Ketua KSP , kemudian dilanjutkan oleh Paulina Sudharman  selaku ketua panitia PnC dan kata sambutan yang terakhir diberikan oleh Bapak Eduard Rusdianto selaku perwakilan juri PnC. Kalimat yang ditekankan oleh dosen yang selaku Wadek 3 FTI ini yaitu “Lebih bagus sebagian mahasiswa yang mengambil matakuliah ikut kompetisi ini, karena sudah di latih selama sebulan agar tidak menunggu materi dari dosen lagi. Merupakan kemajuan bagi mahasiswa yang mengikuti kompetisi ini”.

 

_DSC0178-min

 

Setelah kata sambutan, para peserta semakin gugup karena kompetisi semakin dekat. Selanjutnya, pembagian soal selama 5 menit. Sambil membaca soal ada penjelasan dari pembuat soal yaitu Kevin Rusmin (TF 2013). Setelah penjelasan soal dan membaca soal Competition it’s begin.

 

 

_DSC0211-min

 

Para peserta sangat serius mengerjakan program sesuai dengan permintaaan soal. Waktu yang diberikkan 2 jam 10 menit. Waktu pun berlalu, ketika MC mengatakan waktu tinggal 30 menit, semua segera bergegas menyeselesaikan soalnya. Dan waktu pun habis, setelah peserta keluar dari ruangan, para juri melakukan penjurian. Sambil menunggu hasil dari juri, peserta istirahat dan makan dan kembali berkumpul pukul 12.30.

 

_DSC0300-min

 

Setelah istirahat dan makan peserta dipanggil kembali untuk memasuki ruangan. Saat yang ditunggu-tunggu yang ditunggu-tunggu pun tiba. Akhirnya, diumumkan 5 kelompok yang lolos sebagai 5 besar. Kelompok yang masuk 5 besar, akan melewati seleksi presentasi program yang mereka buat. Sebelum presentasi, 5 kelompok tersebut melakukan bimbingan lagi ke tentornya masing-masing. Setelah melakukan bimbingan, saatnya untuk mempresentasikan hasil kerja masing-masing tim di hadapan Pak Eduard Rusdianto, Bu Stephanie Pamela dan Bu FL. Sapty Rahayu selaku dewan juri.

 

_DSC0301-min

 

Setelah presentasi tiba waktunya untuk menunggu pengumuman juara 3 besar. Sambil menuggu hasil penilaian MC mengajak ngobrol para peserta untuk menghilangkan ketegangan. Setelah menunggu 15 menuit, akhirnya saat yang ditunggu-tunggu pun tiba. Adapun tim yang meraih 3 besar yaitu:

  • Juara 1 yaitu kelompok Eka Juliantara dan Adhyaksa Jaya mendapat uang tunai sebesar Rp 1.000.000 dan mendali.
  • Juara 2 yaitu kelompok Nandia Rani dan Satya Syahputra mendapat uang tunai sebesar Rp 750.000 dan mendali.
  • Juara 3 yaitu kelompok Verryanto Paulus dan Wahyu Kharisma mendapat uang tunai Rp 500.000 dan mendali.

 

_DSC0408-min

 

Selamat para pemenang dan bagi teman-teman yang belum berhasil jangan patah semangat ya karena masih banyak kompetisi yang bisa diikuti di lain waktu 🙂 Sebelum pulang foto bersama dulu hehe. Selesai juga kompetisi PnC sampai ketemu tahun depan.