Sebait Kisah Dari Persembahan Kecil Untuk Sesama

Hari Minggu bagi mahasiswa biasa mungkin biasanya diawali dengan bangun siang, bersih-bersih kamar kost, lalu garap tugas dan laporan. Tetapi, pada hari Minggu, 28 Februari 2016 merupakan hari Minggu yang agak berbeda bagi beberapa mahasiswa yang tergabung dalam pengurus HIMAFORKA. Pada Minggu ini kami meninggalkan sejenak kamar kost, tugas, dan laporan yang belum digarap untuk berbagi sedikit kebahagiaan bersama saudara-saudara kita di pinggiran dalam acara bakti sosial.

 

IMG_8737-min

 

Setelah menempuh perjalanan yang lumayan jauh, akhirnya sampailah kami pada sebuah bangunan di tepi sawah yang tidak lain merupakan Panti Asuhan Bina Siwi tempat acara bakti sosial berlangsung. Setibanya kami disana, kami langsung disambut dengan hangat oleh anak-anak beserta pengurus-pengurus panti asuhan. Setelah selesai bersalam-salaman kami disuguhi pertunjukan gending gamelan yang dibawakan oleh anak-anak panti asuhan. Walaupun dengan beribu keterbatasan yang dimiliki, sungguh luar biasa anak-anak ini mampu dan sangat bersemangat membawakan gending-gending hanya khusus untuk menyambut kami.

 

IMG_8782-min

 

Usai pertunjukan keren tersebut kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan oleh ketua panitia, ketua HIMAFORKA, dan kepala Panti Asuhan Bina Siwi. Ibu Mugiyanti yang mana merupakan kepala panti asuhan bercerita banyak mengenai anak-anak yang diasuh di panti asuhan yang beliau pimpin. Beliau menuturkan bahwa Panti Asuhan Bina Siwi merupakan panti asuhan tempat merawat anak-anak berkebutuhan khusus atau dilabel. Walaupun dibatasi kekurangan, itu tidak menjadi alasan mereka untuk bermalas-malasan. Malahan mereka dengan senantiasa mengasah segala kemampuan yang mereka miliki sehingga bisa menjadi suatu kelebihan yang bisa dibanggakan. Beliau juga menambahkan bahwa walaupun mereka memiliki kemampuan berpikir yang lemah tetapi banyak dari mereka yang memiliki bakat dalam bidang seni dan musik.

 

IMG_8807-min

 

Usai kata sambutan oleh kepala Panti Asuhan Bina Siwi kemudian dilanjutkan dengan pertunjukan musik yang dibawakan oleh band yang beranggotakan anak-anak panti asuhan sendiri. Seperti yang dikatakan Ibu Mugiyanti, mereka begitu piawai memainkan alat musik sehingga menjadi satu melodi lagu yang indah.

 

IMG_8917-min

 

Setelah mereka menunjukan kebolehannya kemudian tibalah saatnya kami pengurus HIMAFORKA berbaur dengan anak-anak panti asuhan untuk melakukan kegiatan bersama. Kegiatan bersama yang kami lakukan disini yaitu merakit papercraft. Mereka terlihat sangat antusias menyambut papercraft yang kami bagikan. Begitu juga kami yang begitu gemasnya mengajari mereka merakit papercraft-nya. Kegiatan ini berlangsung seru karena terlihat baik mereka maupun kami begitu menikmatinya.

 

IMG_9055-min

 

Satu, dua, tiga, lalu semua papercraft pun kami selesaikan bersama. Berhubung papercraft sudah semua selesai dirakit maka tiba saatnya kami berpisah dengan mereka. Sebelum kami mengakhiri acara bakti sosial tersebut, kami dari pengurus HIMAFORKA yang diwakili oleh ketua HIMAFORKA secara simbolis menyerahkan sumbangan bantuan kepada Panti Asuhan Bina Siwi yang diwakili oleh salah satu pengurusnya.

 

Kemudian tidak lupa kami mengambil foto bersama sebagai kenang-kenangan. Diiringi dengan lagu perpisahan yang dibawakan oleh anak-anak panti asuhan, kami bersalam-salaman dengan anak-anak beserta pengurus-pengurus Panti Asuhan Bina Siwi sebagai tanda perpisahan.

 

Harapan kami sebagai pengurus HIMAFORKA yaitu semoga acara bakti sosial seperti ini bisa diadakan lagi secara berlanjut. Semoga sumbangan bantuan yang kita berikan bersama bisa bermanfaat untuk mereka. Semoga acara bakti sosial yang penuh kekurangan yang kami adakan ini bisa menularkan kebahagian kepada mereka supaya tetap semangat menjalani hidup. Maju terus Panti Asuhan Bina Siwi, jayalah HIMAFORKA 🙂

 

Simak artikel kami yang lainnya:

Kuliah Umum GO-JEK Bersama HIMAFORKA