Seminar Nasional IFest#4 “Berbagi cerita dibalik kesuksesan”

Setiap orang memiliki masalah pada kehidupannya terkadang bingung dan bahkan kesulitan mencari pemecahan masalahnya sendiri. Seperti bangun pagi, pergi ke suatu tempat, dan masih banyak lagi. Dari masalah tersebut menjadi sebuah ide dan dari sanalah banyak startup yang bermunculan untuk mencari solusi masalah-masalah tersebut. Mungkin banyak orang yang mempunya ide, tetapi kita bingung caranya membangun startup. Untuk itu pada Seminar Nasional IFest#4 membahas bagaimana membangun startup dan bagaimana step pertama yang harus dilakukan untuk membangun startup.

Seminar Nasional IFest#4 adalah acara pembuka dari rangkaian acara IFEST#4 kali ini . Event ini diadakan hari Sabtu, 7 Mei 2016. Seminar Nasional Ifest#4 kali ini diadakan di Auditorium Kampus 3 Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Tema yang dipilih yaitu Way To Make Success Startup. Pembicara seminar nasional IFest#4 yaitu, Frida Dwi Iswantoro sebagai Co-CEO Agate Jogja dan Alamanda Santika sebagai Vice President of Product PT. Go Jek. Mereka menceritakan awal mereka membangun startup. Seperti Frida, awalnya mengumpulkan mahasiswa-mahasiswa se-Jogja dari berbagai jurusan. Pada akhirnya, terbentuk sebuah studio aplikasi game android. Game ciptaan Agate Jogja sangat dikenal seperti seperti kuis jomblo dan kuis galau. Tidak kalah dengan Frida, Alamanda dulunya seorang mahasiswa multi jurusan, hingga dia memperdalam lagi ilmu programming, dan pada akhirnya ikut dalam team Go-Jek sebagai perancang aplikasi Go-Jek hingga sekarang. Tidak hanya menceritakan kehidupannya, Alamanda juga menceritakan senang dan sedih selama bekerja di team Go-Jek.

Peserta begitu antusias, karena pembicaranya sangat dikenal oleh para peserta dan khususnya games smartphone dari Agate dan Aplikasi Go Jek yang sedang Trend di Indonesi. Jumlah peserta hingga 105 orang. Peserta berasal berbagai instansi, universitas dan tentunya berasal dari tuan rumah sendiri yaitu UAJY. Jumlah peserta kali ini merupakan jumlah peserta paling banyak selama acara seminar nasional IFest. Semoga semakin jaya para startup-startup Indonesia dan memajukan Indonesia untuk lebih baik lagi.

Membangun startup sangat mudah, dengan hanya melihat masalah-masalah kecil yang ada di kehidupan kita sehari-hari, dan itu bisa menjadi ide membuat sebuah aplikasi yang sangat berguna bagi diri sendiri maupun orang lain. Selain mencari ide, kita juga butuh rekan untuk mengerjakan aplikasi kita. Cara mencari rekan untuk mengerjakan aplikasi kita yaitu, jangan hanya dilihat dari fisik, atau tingkat pendidikannya, tapi dilihat dari kemauan dan potensinya. Bagaimana mempromosikan aplikasi buatan kita? Kita cari orang yang memiliki masalah seperti masalah kita. Lalu, kita memberitahu tentang aplikasi kita ke orang lain dan mencoba menggunakan aplikasi kita. Seperti, Go Jek yang awalnya mempromosikan aplikasinya lewat orang perorang, kini hanya dengan mendownload di playstore dan i-Store. Jadi membangun sebuah startup membutuhkan rekan, agar pengerjaan aplikasi lebih mudah dan efisien. Ketika aplikasi siap untuk di promosikan, kita butuh strategi dalam mempromosikan aplikasi kita, agar masyarakat tahu bahwa aplikasi kita membantu masyarakat dalam menghadapi masalah yang sering dihadapi dala kehidupannya.