Akademik dan Prestasi (APRES)

Bidang Apres bertugas melakukan riset dan penelitian guna mengembangkan arah kerja Himaforka dan mencari solusi bagi mahasiswa di bidang akademis serta menjadi wadah bagi mahasiswa teknik informatika untuk berprestasi. Garis bidang Apres sendiri ini di-monitoring oleh Wakil ketua Himaforka Bidang Apres sendiri memiliki progam kerja sendiri yaitu :

  1. Tutorial
    Merupakan kegiatan tahunan Himaforka menjelang UTS dan UAS untuk meriview ulang materi kuliah tertentu, yang dirasa masih kurang dalam pemahaman materi tersebut. Pelaksanaanya diadakan di luar jam mata kuliah dan yang diberikan oleh tentor dari Mahasiswa TF UAJY semester atas, yang sudah menumpuh mata kuliah tersebut dan menguasai dengan pemahaman yang cukup. Tutorial ini bertujuan memberikan penjelasan lebih lanjut dan bimbingan serta latihan, kepada mahasiswa yang merasa kesulitan dalam memahami materi kuliah tertentu sebelum menjelang UTS dan UAS.
  2. Buku Suci
    Merupakan buku tahunan Himaforka yang berhubungan dengan struktur organisasi dimana berisi profil serta kedudukan semua anggota Himaforka. Buku suci ini juga digunakan sebagai rekam jejak dan penghubung Himaforka dari awal pembentukan hingga sekarang karena tiap angkatan memiliki buku suci sendiri dengan kreatifitas yang berbeda-beda pula tiap angkatannya dan sebagai sarana mengenal anggota Himaforka tiap angkatannya.
  3. Kuisioner
    Merupakan salah satu progam kerja yang termasuk penting dalam Himaforka, gunanya sebagai sarana penghubung antar sesama mahasiswa, atau mahasiswa dengan prodi ataupun fakultas, serta mahasiswa dengan Himaforka itu sendiri. Dengan kuisioner sebagai wadah mahasiswa TF UAJY untuk memberikan saran, kritik, serta pendapat tentang kegiatan atau acara yang akan dan yang sudah dilaksanakan oleh Himaforka, serta saran untuk program studi Teknik Informatika sehingga umpan balik antara mahasiswa, Himaforka, serta program studi tidak terputus.
  4. Kebersihan Himaforka
    Merupakan salah satu program kerja Apres yang berguna untuk menjaga kebersihan ruang Himaforka agar tetap terawat. Program kerja ini juga yang memonitoring segala kegiatan yang di lakukan di ruangan Himaforka. Selain tugas utamanya yaitu menjaga ruangan tetap bersih dan terawat program kerja ini juga sebagai salah satu cara untuk menjalin komunikasi serta kebersamaan sesama anggota Himaforka.
  5. Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)
    Merupakan program kerja dari DIKTI ( Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi ) dimana Apres bertugas sebagai penyalur atau penghubung kepada mahasiswa program studi Teknik Informatika, yang berguna sebagai wadah untuk memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan pengetahuan yang telah dipelajari di perkuliahan, yang kemudian akan disalurkan kepada masyarakat luas melalui PKM-Penelitian (PKMP), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) dan PKM-Penulisan Artikel Ilmiah (PKM-I) sehingga ide yang di miliki mahasiswa dapat teralisasikan dengan baik.
  6. Kegiatan Lembaga Belajar Mahasiswa TF
    Merupakan program kerja Apres dengan berkolaborasi dengan Lembaga Belajar Mahasiswa UAJY. Kegiatan ini dilakukan untuk mereview kembali materi-materi perkuliahan yang kurang dimengerti agar mahasiswa lebih mantap dalam memahami dan mengerti materi perkuliahan, dengan bantuan para tentor yang sudah pernah menempuh mata kuliah tersebut dan telah menguasai materi-materinya.
  7. Informasi Lomba
    Program kerja Apres ini bertugas untuk mencari info-info lomba yang berkaitan dengan akademis mahasiswa teknik informatika serta menjadi wadah untuk membantu mahasiswa yang mempunyai minat untuk mengikuti lomba tersebut. Dalam program kerja ini Apres membantu dalam melakukan pendaftaran, membantu menyusun LPJ, dan lain-lain yang berhubungan dengan kegiatan lomba yang diikuti mahasiswa TF tersebut.

 

APRES juga yang memonitoring dan mengkoordinir perkembangan dari Kelompok Studi Pemograman (KSP), Kelompok Studi Linux (KSL), serta Kelompok Studi Desain Grafis (KSDG).